Langsung ke konten utama

Tips Cara Mengatasi Keyboard Bermasalah




Kali ini saya akan membahas tentang Tips Cara Mengatasi Keyboard Bermasalah,daripada basa-basi langsung saja kita bahas...
Masalah kerusakan keyboard:
Ada tombol dari laptop tidak berfungsi dengan baik. Ketika kita mengetik salah satu tombol tidak ada output pada layar. Kadang-kadang, kita harus menekan kuat tombol  baru ada output yang muncul.
Masalah ini dapat disebabkan karena:
- Ada cairan tumpah di keyboard.
- Debu yang berlebihan di dalam tombol karena jarang dibersihkan.
- Keseringan bermain game menggunakan tombol tertentu.
- Pelumas karet tombol sudah mengering.
Solusi
Mengambil setiap tombol dengan bantuan obeng kecil, cungkil semua tombol. Namun sebelum itu perhatikan posisi setiap tombol keyboard,pisahkan tombol dengan karet tombol yang telah dibuka.
Bersihkan semua posisi tombol keyboard dari dalam menggunakan kuas atau tusuk telinga. Untuk tusuk telinga berikan sedikit air agar ada kelembaban untuk melekatnya debu. Hindari penggunaan air secara berlebihan karena dapat merusak keyboard Anda. Keringkan dengan mengangin-anginkan laptop,bisa juga menggunakan kipas angin.
Mulai membersihkan semua tombol yang telah dibuka menggunkan spon dengan cairan deterjen agar debu dan minyak yang melekat dapat dengan mudah dihilangkan,biarkan mengering sampai anda yakin tombol keyboard benar-benar kering.
Untuk karet tombol bersihkan dalam satu wadah dengan menggunakan pembersih rumah tangga, dan bilas dengan air hangat. Tempatkan semua kunci (menghadap top-down) pada permukaan yang datar. Berikan pelumas ringan untuk karet tombol tetapi tetap memperhatikan banyaknya cairan pelumas yang diberikan.
Setelah dibersihkan dan dilumasi semua bagian,waktunya untuk memasang kembali keyboard dengan hati-hati. Mulailah dengan menempatkan semua komponen karet pada keyboard, dan kemudian menempatkan semua kunci pada posisinya. Gunakan jari Anda dan tekan semua kunci satu per satu sehingga melekat dengan benar pada slot.

Membersihkan dan melumasi keyboard seperti cara di atas sering dapat mencegah dari kerusakan keyboard permanen. Juga, kita harus ingat bahwa keyboard laptop yang halus, tidak diperbolehkan bermain game dalam jangka waktu lama. Gunakan keyboard external untuk bermain game, ini dimaksudkan untuk menghindari kerusakan keyboard.

Karakter Keyboard laptop yang salah
Penyebab;
Ketika keyboard memiliki karakter yang salah, ada kemungkinan bahwa masalah terjadi pada perangkat lunak atau sistem operasi yang digunakan.

Solusi;
1. Pilih Control Panel > Regional and Language Options > Keyboards and Languages > Change Keyboards > Advanced Key Settings
2. Pilih opsi, “Between Input Languages” dan klik “Change Key Sequence”.
3. Pilih “Not Assigned” untuk “Switch Input Language” dan “Switch Keyboard Layout”
4. Klik “OK” untuk menerapkan perubahan.

Keyboard jenis nomor tidak berfungsi.
Penyebab
Hal ini bisa jadi karena masalah software, atau ada kemungkinan bahwa Anda mungkin telah mengaktifkan kunci digital secara tidak sengaja.

Solusi;
Tekan Fn + Num Lock atau Fn + Shift + Num Lock.
Ini akan menonaktifkan kunci digital. Jika masalah terus masih terjadi, lanjutkan dengan yang berikut:
Start > Search > Device Manager > Tekan Enter
Atau, Anda juga dapat membuka “Device Manager” dengan cara berikut,
Start > Control Panel > Administrative Tools > Computer Management > Device Manager
Device Manager akan menampilkan daftar hardware laptop yang digunakan. Jika Anda melihat tanda seru kuning terhadap ikon Keyboard, uninstall driver. Instal lagi dan restart laptop.

Jika langkah di atas tidak memecahkan masalah, Anda mungkin ingin mencoba alternatif berikut:
- Cabut laptop dari sumber listrik dan lepas semua perangkat keras eksternal yang terhubung.
- Setelah mematikan laptop, keluarkan baterai dan tunggu selama 5 menit dan mulai mengaktifkan laptop Anda.

Ada kemungkinan file yang rusak mengganggu kinerja keyboard. Setelah restart laptop, semua files kesalahan yang menyebabkan masalah hardware dan software akan terhapus.
Alasan lain yang dapat menyebabkan keyboard berperilaku tak menentu adalah adanya hardware / software yang tidak kompatibel  di laptop. Anda dapat mencoba untuk memeriksa apakah ada masalah pada hardware dengan menjalankan laptop pada “Safe Mode”. Jika keyboard bekerja di “Safe Mode”, masalahnya adalah perangkat lunak. Anda perlu hati-hati memeriksa keyboard driver, dan jika ada driver yang hilang / rusak, Anda dapat download driver dari situs web penyedia perangkat lunak.

Tombol keyboard berfungsi tanpa ditekan atau biasa dikatakan tombol keyboard menggila
Penyebab;
1. Kemungkinan ada benda asing yang melekat pada keyboad
2. Kemungkinan Anda dikerjain oleh teman dengan membuat skrip tombol auto.

Solusi;
1. Keluarkan benda asing yang melekat pada keyboard.
2. Jika bukan terjadi karena benda asing kemungkinan pengaruh skrip yang dibuat.
Ikuti Langkah ini:
Klik start > All program > startup. Lihat program yang aktif pada startup yang mencurigakan dan klik kanan pilih properties untuk melihat sumber target. Hapus file tersebut jika mencurigakan!

Berikut Juga ada cara lain di ambil dari sumber lain

cara memperbaiki kerusakan pada keyboard notebook/laptop :
Pertama, Laptop atau notebook yang sering kita gunakan itu menimbulkan panas,  Nah, panas dari laptop tersebut akan mengikat/menarik debu dan kotoran menempel pada bagian-bagian laptop termasuk keyboard sob. Maka dari itu terkadang debu-debu tersebut masuk ke celah-celah tooth atau tombol keyboard, sehingga menghalangi tooth menyentuh papan elektronik keyboard saat kita menekan salah satu tombol.
Kedua, Hal yang sangat mempengaruhi kerusakan tombol keyboard adalah dari pengguna atau pemakai laptop itu sendiri. Ada hal-hal yang tidak sengaja yang Anda lakukan, seperti terlalu keras menekan tooth keyboard, sehingga memnyebabkan tooth selalu menempel pada papan elektronik keyboard yang berpengaruh pada, bunyi beep yang sangat panjang saat laptop pertama kali di hidupkan. Efek lain dari tooth keyboard yang lengket atau menempel adalah huruf, angka atau simbol akan muncul terus-menurus seperti kita menekan tombol keyboard dalam waktu yang lama, saat mengetik di microsoft word dll.
Ketiga, Rambut dan benda-benda kecil lainnya. Ini mungkin hal yang paling tidak kita sadari yang menyebabkan kerusakan laptop, akan tetapi masalah ini yang paling sering saya temukan sebagai teknisi laptop dan komputer selama ini. Sama persis dengan poin pertama tadi, rambut dan benda-benda kecil lainnya sangat mempengaruhi kerusakan pada tombol keyboard laptop.
Jika cara” tsb tidak mempan juga pada keyboard laptop Anda, cara berikut ini saya jamin 100% akan berhasil. Caranya adalah
LEMBIRU (Lempar Beli Baru) keyboard laptop Anda....
nah itulah Tips Cara Mengatasi Keyboard Bermasalah,maaf bila ada salah kata,dan semoga bermanfaat bagi anda
Terima kasih

Komentar

  1. makasih infonya gan,,,
    sangat membantu sekali.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo Ctrl yg d keyboard selalu ke pencet terus itu knp ya gan? laptop ane kalo mau ngetik, Ctrlnya kayak di pencet trus. jadi kalo misalkan baru ngetik huruf S langsung yg keluar malah menu buat save. karena Crtl nya selalu kepencet tanpa ada yg pencet.

      Hapus
    2. Control Panel\Ease of Access\Ease of Access Center\Set up Sticky Keys coba di uncheck semua

      Hapus
  2. Makasih banyak atas tipsnya. Sangat membantu

    BalasHapus
  3. thank's tipsnya.., laptop ane normal lg.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai kak, saya mau tanya. Laptop saya merek acer one 14. Nah td aku lg bikin ff ceritanya, nah aku kepencet tombol Fn, Ctrl sm 8. Nah pas aku pencet Ctrl sm 8 simbol (*) ga keluar pas pake Fn baru keluar. Trs pas pencet Fn sm 8 malah naik. Cmn klo pencet Fn sm 0 baru muncul simbol (*) saya mau pake Ctrl juga harus gimana ya kak? Tolong di bantu ya kak

      Hapus
    2. coba fn + f11(yg ada tulisan numlk)

      Hapus
  4. mantap ipsnya. segera dicoba. and thanks a lot

    BalasHapus
  5. Gan tombol laptop ane agak aneh.. Ane tekan 1 huruf yg muncul 3huruf
    Misalnya
    Ane tekn g yg muncul bg4 ane tekan h yg muncul nh7 tombol yg bermasalh cm b,g,n,h,7,4
    Mohon solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu inputnya yg bermasalah,emng umur laptopnya brp?

      Hapus
    2. Saya juga gan, tekan "w" keluar "we" ,ditekan "s" keluar "sd" ditekan "x" keluar "xc"

      Hapus
  6. terimakasih banyak sob, sangat membantu sekali...

    BalasHapus
  7. Gan mau tanya tombol keyboard ane yang shift+anngka 2 kagak bisa digunain terus sama fn juga kagak bisa .. solusinya gimana ya gan? makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini laptop atau pc,klo laptop biasany tekan fn+f11(yg ada keterangan numlock) dulu,klo gk bisa,coba cek input type keybard di controlpanel,format keyboardnya
      harus US,klo ttp gk bisa,tanyain ke servis komputer

      Hapus
  8. Gan kalau yg ngak berfungsi cuman tombol G dan N mentoknya sampai 4x aja gan. Dan kalau udah 4x terdengar bunyi teng teng :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba install ulang dulu jangan lupa backup data penting dulu

      Hapus
  9. gan, ke 2 tuts Ctrl saya tdk berfungsi, solusinya gimana gan???
    di safe mode pun gak bisa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba install ulang dulu,backup semua data,entar kalo masih k bisa coba tanyakan di tempat service komputer,kemungkinan hardwarenya

      Hapus
  10. gan lepi ane kn habis kena virus trus diberisih pake eset
    tp gak tau kenapa keyboardny jd g bs. dobel klik jadi properties. kalo masuk office word pencet huruf yg kepencet menu2 di toolbarny
    itu knp y gan?mohon pencerahannya
    makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Munkin itu altnya keseting pencet trus,coba pencet shift 5 kali berturut",atau gk tahan beberapa detik ntar ada settingan ,unchek option yg membuat alt atau smacemnya mnyala terus,klo bingung install ulang aja tpi ane gk saranin krena cara terakhir ini,jgn lupa bckup data penting dulu

      Hapus
  11. terimakasih banget gan, akhirnya lepi ane kembali normal setelah nemui artikel agan..

    ane izin copas yh gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks kunjunganya,jangan lupa sertakan sumber gan

      Hapus
  12. gan, di laptopku kadang tombol tdk berfungsi (semua tombol) namun beberapa saat kemudian normal. kejadian ini terus berulang. pd saat normal kadang tampilan tiba2 scroll kebawah kyk tombol panah kebawah itu kepencet terus (dan akan kmbli normal kl dipencet tombol keatas). tolong solusinya gan. thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek bagian kabelnya coba gan mungkin kurang nancek ke mobo

      Hapus
  13. Gan kalo tombol shift 2 duanya eror gimana ya

    BalasHapus
  14. Kalau tombol windows yang kepencet terus gimana gan? Makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba cek tombolnya gan mungkin,ada debu dibawah,terus bersihkan

      Hapus
  15. mohon maaaf, klo pointer tidak digunakan dalam beberapa detik maka dokumen word akan sellect all (ctrl+a) secara otomatis... Itu kenapa yah ^^ mohon bantuannya.. terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba di cek setinganya,dgn cara tekan tombol shift 5 kali nanti ada setinagn yg keluar,coba ubek ubek di situ,btw terimakasih kunjunganya

      Hapus
  16. membersihkan keyboard dengan tissue basah, apakah menjadi penyebab rusaknya keyboard tersebut min? dan cara mengeringkan menggunakan hair dryer apakah benar ya min?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa aja mas soalnya air,zat cair yg tak mudah menguap,jadi prefer pke alkohol,klo pakai air usahakan gak berlebihan dan hairdryer dinyalakan pas ngebersihin pke tisu basah,biar langsung kering,btw thanks atas kunjunganya

      Hapus
  17. mas.. gmana kalo pas saya mencet tombol tombol kok jadi ada tambahannya yahh,,

    misal, pas saya tekan enter nanti jadi ada tambahan X nya… terus contoh lagi pas sa\ya pencet tombol s jadi ada tambahan garis miring..

    tolong balesannya yah

    BalasHapus
  18. Gan punya gwe kok kadang2 kaya di tekan ctrl klw di restart kadang3 mw lgi

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kabelnya gan agak senggang coba rapetin,btw thanks kunjunganya

      Hapus
  19. Masalah keyboard ini sepintas seperti hal sepele. tapi efeknya ngeselin. Mau beli keyboard baru lagi, sayang karena yang lama cuman 1 tombol yg gak berfungsi. Tapi sering juga kesel pas butuh tombol yg rusak tersebut tapi gak bisa.... #antaragantidantidak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener banget gan,tpi klo memang kepepet sih pake keyboard usb,solusi lain pake keyboard on screen,btw terimakasih atas kunjunganya

      Hapus
  20. Gan lepyop ane keyboarnya eror kedua shiftnya ... kadang bisa kadang nggak ..... ngatasinnya gmna gan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba bersihkan keyboardnya, kalau tetap gak bisa, mungkin drivernya

      Hapus
  21. Wew
    sangat membantu gan,terimakasih :D

    BalasHapus
  22. Gan nanya nie.. Laptop ane keyboardnya bermasalah ni pd huruf w, x, s, v, dan i, ga bisa. Seperti tidak berfungsi gan dah dipencet lembut bhkan sampai kuat. Kok tetap ga bs juga. Mohon bantuannya gan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba dibuka lalu di bersih kan gan,nanti klo masih gak bisa solusi terakhir LEMBIRU, klo tombol sebagian inputnya itu,atau coba tanyakan ke tukang service,saya pengalaman sih suruh ganti keyboard,tpi sparepart laptopnya itu yg agak sulit,jadi solusi sementara bisa pke keyboard usb dulu

      Hapus
  23. gimana ngatasi kalau keyboard ya kita tekan w tapi yang muncul 2w , e yang muncul 45e
    itu gimana ngatasinnya gan tolong solusinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah itu ada yang gak beres di dalemnya coba,pake keyboard usb,trus masih begitu gak,klo gk,cek di control panelnya,klo masih begitu coba tanyakan ke service komputer

      Hapus
  24. laptop ane gan kalo ngeti suka ada tulisan urung dll gimana cara ngatasin nya gan tolong saya!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kurang jelasnih gan,mksdnya urung gimana?

      Hapus
    2. ketika keyboard sya tekan "E" yg keluar slalu "WE" bagaimana cara mngatasinya???

      Hapus
    3. coba bersihin sela selanya,ada yang ngeganjel tuh yang jelas

      Hapus
  25. Makasih banyak lah hampir saya putus asa
    mau ngeinstall komputer :,)
    tapi ditunggu kunjugan baliknya :)
    www.arfcyb.cf

    BalasHapus
  26. Gan misi ane mau nanya, ane kan punya laptop nih. Jadi deretan tombol esc ampe del itu yang bisa cuma f2 , f4 sama del doang. Nah ane kan punya kebutuhan di tombol f12, f12 itu buat nyalain wifi nya. Berhubung f12 nya gabisa, apa bisa ane pencet fn nya di laptop terus mencet f12 nya di keyboard eksternal ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemungkinan bisa sih mungkin bentrok itu drivernya

      Hapus
  27. gan mau tanya klau tombol laptop kadang mau kadang tdk knp ya??
    tapi hanya tombol tertentu

    BalasHapus
  28. kak mau nanya key leptop saya gak di pencet tapi dia kepencet sendiri itu apa yang bermasalah ya?

    BalasHapus
  29. gan mau tanya..huruf dan angka yg ini "esc 1 t" itu kdang tidak berfungsi dan pasti persamaan..itu gimana gan yaa??mohon dibantu jika agan bisa trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. bersihin aja dulu, kalo masih gak bisa option terakhir aja LEMBIRU

      Hapus
  30. makasih bnyak gan tentang ilmu nya...
    udah satu hari gw nyari yang tepat..
    bru dapat solusi di blog agan ini..thanks gan

    BalasHapus
  31. Kk kalau aku,setiap main game keyboard nya tiba2 gx beraturan seperti aku pencet tombol esc muncul start

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo cuman pas maen game, mungkin settingan di gamenya yang gk bener

      Hapus
  32. mau tnya gan jdi leptopku buat shift kiri+i/o/p/=/; itu tidak bisa tpi kloo pake shift kanan+P/= itu bisa,aku huruf besar buat huruf i/o pake capslock ,tpi yang lainnya masih bsa di pncet shift , klo tombol i/o/;/= sama sekali tdak bsa di pencet shift itu kenapa yaaa?

    BalasHapus
  33. kalo tombol keyboard yg ditekan lama baru berfungsi gimana caranya sob, soalnya kalo ditekan sekali dia cuma bunyi doang ga muncul apa2

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba install ulang mungkin, kalau belum bisa mungkin, keganjelan, coba bersihin

      Hapus
  34. Setiap ngetik arah bawah slalu muncul menu search, mohon pencerahan dong,

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ctrlnya di tahan 5 detik'an ntar yang berbau ctrl alt sama shift di unche terus oke, kalo masih gak bisa, tanyakan ke tempat service terdekat

      Hapus
  35. Setiap tekan tombol arah bawah, pasti muncul menu search, mohon pencerahan

    BalasHapus
  36. keyboar tidak aktif saat di microsoft office
    gmna cara solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin kesalahan di microsof officenya

      Hapus
  37. mau nanya gan, ne leptop ane, kalau ngetik langsung muncul find and replace. apa masalahnya thu gan???? Mhon solusinya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. langsung find & replace di aplikasi apa om ini?

      Hapus
  38. mau nanya gan
    knpa tiba2 ngeblok sndiri klo pas gy ngtik data
    dan mw lnjut ngtik ndak mw kluar yg dktik
    trus klo msal mncet arah tetep ngeblok
    dan tiba2 bsa tiba2 ndak bisa
    mohon solusinya

    BalasHapus
  39. gan kalo saya ngetik u jadi 4 dst,itu karna apa ya

    BalasHapus
  40. Gan laptop ane tombol "i" ngga berfungsi, sebelumnya semua ngga berfungsi terus di restart berfungsi tapi tinggal tombol "i" yang ngga berfungsi.. itu karena apa ya?

    BalasHapus
  41. Gan, ane mau nanya. Knp tiap ane mencet angka 2, 4, 7, 8 psti outputnya 244444444 dst, 444444 dst, 74444444 dst? Mohon pencerahannya. Trima kasih

    BalasHapus
  42. Mau tanya mas, keyboard saya, kalo sudah lewat 2-3 menit tiba tiba ga fungsi, tapi kalo laptop saya tutup terus masuk lagi, bisa lagi sebentar, abis itu mati lagi, itu kira2 kenapa ya? Ganggu banget, lagi kerja tau2 keyboardnya mati

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba diserviskan, takutnya connectornya, apa tidak berfungsi semuat atau cuma sebagian?

      Hapus
  43. thanks gan berhasil !! sekarang keyboard saya sudah bisa buat ngetik lagi !!

    BalasHapus
  44. mau tanya mas.. keyboard saya erornya sewaktu2 tiba2 di excel ga bisa.. tapi di folder dan situs lain bisa digunakan normal .. di excel saja ga bisanya smua tombol tiba2 ga berfungsi. saya sudah ganti keyboard baru dan ternyata sama saja masalahnya.. di browser saya coba bisa.. tp klo komputer di restart tar bisa lagi dan akan eror lagi stelah bbrp wkt pemakaian lagi.. jadi stiap hr bisa bbrp kali saya restart.. mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba install ulang excelnya, kelihatanya masalahnya ada di excelnya itu

      Hapus
  45. Mohon bantuannya donk
    Knp yah ko tombol angka pada laptop saya berubah jadi tanda seperti tanda !@#$%^&*() itu knp bisa gtu ya gan?
    mohon bantuannya gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu shift otomatisnya/stiky keysnya ter enable, coba yekan shift 5x nanti ada popup pilih no, atau ke controlpanel cari stickykeys, nanti unchek yang turn on sticky keys

      Hapus
  46. Kak mau nanya.. Kalo saya mau ngetik di word itu.. Ctrl nya kayak di tekan terus kak. Misalnya mau ngetik huruf S itu yang muncul save. Lah itu gimana solusinya. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba masuk control panel Ease of Access Center > Set up Sticky Keys yang paling atas pastikan jangan di centang

      Hapus
  47. Hebat tipsnya. Senang sekali pas keyboard bermasalah. Langsung teratasi. Thanks buat share triknya gan...

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  49. Mau Tanya, knp keyboard laptop sy ketika untuk mengetik huruf a,i,g,k,m,dan arah bawah selalu keluar toolbar seperti kalo kita klik kanan?
    Mohon solusinya, terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Control Panel\Ease of Access\Ease of Access Center\Set up Sticky Keys coba di uncheck semua

      Hapus
  50. mau tanya dong saya pakai laptop tapi keybaord usb colok ps2 saya punya eror pada keyboard usb bukan yang laptop di keyboard usb kalau saya pencet ctrl mala muted suara/volume dan logo windows mala sleep windows sedangkan saya coba di keyboard langsung di laptop ga gitu kenapa ya ? mohon bantuan nya

    BalasHapus
  51. Gan keyboard saya.ketika diketik tidak mau keluar outputnya
    Gimana solusinya gan?

    BalasHapus
  52. gan mau tanya caranya ngatasin kalo saya pencet del kok keluarnya d terus mencet a keluarnya f4 itu baaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastikan pakai pengaturran keyboard en_us, kalau masig gk bisa coba install ulang, dan kalu masih gk bisa juga coba langsung servicekan ke toko komputer terdekat :D

      Hapus
  53. Kak, kalau shif sama ctrl nya ngak berfungsi gimana?
    Misalnya, kita mau buka satu file, pas kita klik terblok semua filenya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Control Panel\Ease of Access\Ease of Access Center\Set up Sticky Keys coba di uncheck semua

      Hapus
  54. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  55. Jossss lurr... Thank ilmunya...

    BalasHapus
  56. ssalamualaikum.. mau tanya bang laptop saya jika di tekan "c" jadi "dc" klo klik "L" jadi "L." klo klik "A" jadi "AZ"
    Jadi jika tkan atas bwah ikut gtu.. gmn tuh yh bang

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara membuat Bola Dari Karet Gelang

Bola Karet Gelang,Memantul Mungkin Menjadi Kata Kerja Pada Benda ini,Kali ini Saya Akan Menjelaskan Bagaiman Cara membuat Bola Pantul Dari Karet. Untuk Bahanya Bisa Menggunakan Almunium foil atau Kertas Biasa(Koran,Buku tulis,Buku Gambar) Sebagai Inti Didalam Bola Tersebut,Serta Karet Gelang Sebanyak banyaknya Agar Tercipta Bola Karet Yang Besar 1. Pertama Siapkan Kertas lalu Remas Menjadi bulatan 2.  Lalu Ikat Bola Kertas Dengan Karet Gelang,Awali Dengan Menyilangkan 2 Karet Gelang 3.  Ikat Terus Karet Secara Berulang ulang Hingga inti kertas dari bola karet tak terlihat,Tambahkan Lagi Bila Dirasa kurang Besar Selesai sudah proses pembuatan bola pantul dari kalet gelang.selain untuk bermain,daripada karet gelang berserakn takterpakai membuat bola pantul ini juga merupakan sebuah kreatifitas Sumber : - Wikihow - Google Nah sekian Posting tentang Cara membuat Bola Dari Karet Gelang,Semoga Dapat Menambah Kreatifitas,serta Merawat alam,Mengingat Karet

Rilis BEE free OS 20.04 Distro Linux asal Indonesia

BEE free adalah salah satu distro linux Desktop berbasis ubuntu, Membawa KDE Plasma sebagai Desktop environment, dan berbagai fitur menarik seperti Driver bawaan untuk printer maupun scanner EPSON, perkakas Preferensi GRUB, Python 3 yang terintegrasi dengan Visual Studio Code, serta WPS Office. Dalam Rilis Barunya ini BEE Free membawa beberapa pembaruan, untuk daftar pembaruhan dapat dilihat di pengumuman rilis BEE free 20.04. serta juga tersedia Laman unduh citra ISO BEE free OS 20.04